Senin, 11 Maret 2013

KEBUDAYAAN JAWA BARAT


Kebudayaan Jawa Barat
Seperti halnya kita ketahui bahwasanya Indonesia seringkali disebut sebagai negara yang kaya akan kebudayaannya, sebutan itu memang sangat benar bila kita lihat dari semua keanekaragaman Budaya, Bahasa, Ras dll yang ada di Indonesia. Semua itu merupakan peninggalan leluhur yang sangat berharga untuk Indonesia yang wajib untuk kita lestarikan. Akan tetapi terkadang Indonesia belum bisa mengolah semuanya dengan baik, bahkan banyak budaya Indonesia yang diklaim oleh negara lain. Oleh karena itu,kita sebagai generasi muda saat ini dan untuk ke depannya diharapkan dapat melestarikan dan menjaga budaya negara sendiri.
Pada artikel kali ini saya akan sedikit memaparkan beberapa contoh kebudayaan yang ada di Indonesia khususnya yang berasal dari Jawa Barat. Budaya Jawa Barat banyak sekali contohnya saja seperti pencak silat, tari jaipong, kacapi suling, angklung, dll. Mungkin yang akan saya jelaskan pada artikel kali ini masih sebagian kecil dari budaya jawa barat, Contohnya  yaitu sebagai berikut :

1. Pencak Silat, merupakan suatu seni beladiri yang berasal dari Indonesia. Dalam perkembangannya kini istilah "pencak" lebih mengedepankan unsur seni dan penampilan keindahan gerakan, sedangkan "silat" adalah inti ajaran bela diri dalam pertarungan. Pencak silat terdiri dari empat aspek, seperti aspek bela diri, aspek seni budaya, aspek mental spritual, dan aspek olahraga. Ke empat aspek tersebut sangatlah penting dalam persilatan. Nama "pencak" digunakan di Jawa, sedangkan "silat" digunakan di Sumatera, Semenanjung Malaya dan Kalimantan. Dalam perkembangannya kini istilah "pencak" lebih mengedepankan unsur seni dan penampilan keindahan gerakan, sedangkan "silat" adalah inti ajaran bela diri dalam pertarungan.







2.      Tari Jaipong, Tari ini diciptakan oleh seorang seniman asal BandungGugum Gumbira, sekitar tahun 1960-an, dengan tujuan untuk menciptakan suatu jenis musik dan tarian pergaulan yang digali dari kekayaan seni tradisi rakyat Nusantara, khususnya Jawa Barat.merupakan sebuah jenis tari pergaulan tradisional masyarakat Sunda, Jawa Barat. Dan tarian ini cukup popular  di Indonesia. Tari Jaipong bisa di pertunjukan oleh satu orang bahkan bisa lebih dari satu,dua orang. Tari jaipong di iringi oleh musik yaitu Degung. Kehadiran Jaipongan memberikan kontribusi yang cukup besar terhadap para penggiat seni tari untuk lebih aktif lagi menggali jenis tarian rakyat yang sebelumnya kurang perhatian. Dengan munculnya tari Jaipongan, dimanfaatkan oleh para penggiat seni tari untuk menyelenggarakan kursus-kursus tari Jaipongan, dimanfaatkan pula oleh pengusaha pub-pub malam sebagai pemikat tamu undangan, dimana perkembangan lebih lanjut peluang usaha semacam ini dibentuk oleh para penggiat tari.










3.   Kacapi Suling, merupakan sejenis musik instrumental yang bergantung pada improvisasi dan populer di provinsi Jawa Barat yang menggunakan dua alat music kecapi dan suling. Kecapi suling masih berhubungan dengan tembang Sunda. Kecapi suling adalah bentuk kesenian tatar sunda. Selain instrumentalia, disajikan juga lagu-lagu yang rumpakanya disesuaikan dengan kebutuhan acara yang digelar. Lagunya bisa juga diambil dari lagu-lagu Tembang Sunda. Dewasa ini Kecapi Suling banyak disukai kaum muda. Berikut contoh gambar Kecapi suling:






4. AngklungAngklung adalah alat musik multitonal (bernada ganda) yang secara tradisional berkembang dalam masyarakat berbahasa Sunda di Pulau Jawa bagian barat. Alat musik ini dibuat dari bambu, dibunyikan dengan cara digoyangkan (bunyi disebabkan oleh benturan badan pipa bambu) sehingga menghasilkan bunyi yang bergetar dalam susunan nada 2, 3, sampai 4 nada dalam setiap ukuran, baik besar maupun kecil.









Beberapa contoh diatas merupakan penjelasan dari sebagian  budaya Jawa Barat yang ada, akan tetapi masih banyak lagi selain dari contoh-contoh di atas yang dapat kita cari tahu lebih lanjut misalnya melalui media internet, apabila kita tidak mengetahuinya. Sebagai generasi muda alangkah baiknya apabila kita menjaga dan melestarikan beragam budaya yang ada di Indonesia agar anak cucu kita nanti masih dapat merasakan kebudayaan asli Indonesia. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan kita tentang budaya dan dapat bermanfaat bagi yang membacanya.







1 komentar: