Senin, 01 Oktober 2012

ILMU SOSIAL DASAR


ILMU SOSIAL DASAR
A. Pengertian
Ilmu Sosial Dasar adalah ilmu pengetahuan yg menelaah masalah-masalah sosial, khususnya masalah yg diwujudkan oleh masyarakat Indonesia, dengan menggunakan fakta, konsep, teori, yg berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu sosial lainnya (seperti Geografi Sosial, Sosiologi, Antropologi Sosial, Ilmu Politik, Ekonomi, Psikologi Sosial dan Sejarah).
Ilmu Sosial Dasar bukan merupakan gabungan dari ilmu-ilmu sosial yang dipadukan. Ilmu Sosial Dasar juga bukan merupakan disiplin ilmu, karena Ilmu Sosial Dasar tidak mempunyai obyek dan metode ilmiah tersendiri serta tidak mengembangkan suatu penelitian sebagai mana suatu disiplin ilmu, seperti halnya ilmu-ilmu sosial lainnya.
Ilmu Sosial Dasar merupakan suatu bahan studi atau Program Pengerjaan yang khusus dirancang untuk kepentingan pendidikan/pengajaran di Indonesia yang diberikan di Perguruan Tinggi. Tegasnya, program pengajaran Ilmu Sosial Dasar diberikan dalam rangka upaya untuk memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan guna mengkaji gejala-gejala sosial agar daya tanggap, persepsi dan penalaran mahasiswa dalam menghadapi lingkungan sosialnya dapat ditingkatkan, sehingga lebih peka terhadapnya.
B. Tujuan Ilmu Sosial Dasar
Program pengajaran ilmu sosial dasar memiliki beberapa tujuan, sebagai salah satu dari mata kuliah dasar umum, Ilmu soial dasar bertujuan agar mahasiswa :
a. Memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan sosial dan masalah-masalah sosial yang ada dalam masyarakat.
b. Peka terhadap masalah-masalah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha-usaha penanggulangannya.
c. Menyadari bahwa setiap masalah sosial yang timbul dalam masyarakat selalu bersifat kompleks dan hanya dapat mendekatinya mempelajarinya) secara kritis-interdisipliner.
d. memahami jalan pikiran para ahli dari bidang ilmu pengetahuan lain dan dapat berkomunikasi dengan mereka dalam rangka penanggulangan masalah sosial yang timbul dalam masyarakat.
C. Tiga Kelompok Ilmu Pengetahuan
Secara umum, Ilmu pengetahuan dibagi menjadi 3 kelompok. Pengelompokkan ini didasarkan pada obyek atau bidang kajian setiap ilmu. Ketiga kelompok ilmu trsebut adalah Ilmu pengetahuan Alam (natural science), Ilmu pengetahuan Sosial (social science), dan Ilmu pengetahuan Budaya (Humanitics Study).
Ø  Ilmu pengetahuan Alam (natural science)
Adalah Ilmu yang mengkaji gejala-gejala alam , baik yang hayati maupun nonhayati. Ilmu pengetahuan alam antra lain adalah Biologi, Kimia, dan Fisika. Ilmu pengetahuan alam merujuk pada rumpun ilmu dimana obyeknya adalah benda-benda alam dengan hukum-hukum yang pasti dan umum, berlaku kapan pun dimana pun. sedangkan dari sisi Ilmu Alamiah Dasar adalah mempelajari tentang metode - metode ilmu kealaman dalam menjelaskan gejala - gejala alam secara lebih filosofis
Ø  Ilmu Pengetahuan Sosial (Social Science)
Adalah Ilmu yang mengkaji kehidupan antar sesama manusia. Ilmu pengetahuan sosial antara lain adalah sosiologi, ilmu politik, ilmu huku, dan ilmu ekonomi. Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan sekelompok disiplin akademis yang mempelajari aspek-aspek yang berhubungan dengan manusia dan lingkungan sosialnya
Ø  Ilmu Pengetahuan Budaya (Humanitics Study)
Adalah Ilmu yang mempelajari tentang manifestasi atau perwujudan spiritual dari kehidupan bersama manusia. Ilmu pengetahuan budaya ini antara lain adalah Kesustraan, bahasa, agama, filsafat, dan kesenian. Ilmu ini bertujuan membuat manusia lebih manusiawi, dalam arti membuat manusia lebih berbudaya
ilmu pengetahuan diatas juga mempunyai suatu arti atau kajian yang mempunyai arti yang sangat banyak dan juga luas bisa dibilang kalau kita belajar ilmu penetahuan itu tidak aka nada habisnya dikarenakan semakin zaman berubah maka pola berpikir manusia pun akan berubah dikarenakan sudah berubahnya zaman dan juga unsur-unsur kebudayaan selain itu pun kode etik dan sopan santun tidak boleh ditinggalkan.
D. Perbedaan ISD dan IPS
Ilmu sosial dasar dan ilmu pengetahuan sosial memiliki beberapa perbedaan, diantaranya yaitu:
1. Ilmu sosial dasar diberikan di Perguruaan Tinggi, Ilmu Pengetahuan Sosial diberikan di sekolah dasar dan sekolah lanjutan.
2. Ilmu sosial dasar merupakan mata kuliah tunggal sedangkan ilmu pengetahuan sosial dasar merupakan kelompok dari sejumlah mata pelajaran(untuk sekolah lanjutan).
3. Ilmu Sosial dasar diarahkan kepada pembentukan sikap dan kepribadian, sedang ilmu pengetahuan social diarahkan kepada pembentukan pengetahuan dan keterampilan intelektual.
E. Persamaan ISD dan IPS
Ilmu Sosial Dasar dan Ilmu Pengetahuan Sosial memiliki beberapa persamaan, yaitu sebagai berikut:
1. Kedua-duanya merupakan bahan studi untuk kepentingan program pendidikan.
2. Keduanya bukan disiplin ilmu yang berdiri sendiri.
3. Keduanya mempunyai materi yang terdiri dari kenyataan social dan masalah sosial.

0 komentar:

Posting Komentar